Perilaku Konsumen

 

Perilaku konsumen merupakan sebuah studi tentang proses pengambilan keputusan pada individu, kelompok atau organisasi maupun masyarakat luas untuk menggunakan atau tidak terhadap suatu produk (barang, jasa dan ide). Proses pengambilan keputusan menjelaskan interaksi dinamis antara unsur-unsur (elemen) kognitif, efektif dan konatif atau psikomotorik; yakni dengan pendekatan satu arah (linier) maupun penetapan timbal balik (reciprocal deterministic).

Secara garis besar, substansi matakuliah ini dapat dikelompokan menjadi lima bagian. Perkuliahan akan diawali dengan pengenalan perspektif perilaku konsumen; yaitu dengan memperkenalkan kerangka kerja dan bentuk model analisis.Bagian kedua mengupas tentang elemen kognitif dan afektif; yakni proses psikologis internal konsumen dan pengukuran sikap.Bagian ketiga adalah membicarakan tindakan konsumen; yaitu hubungan sikap dengan tindakan konsumen.Bagian keempat membahas pengaruh lingkungan eksternal konsumen terhadap cara berpikir, merasa dan bertindak. Bagian terakhir adalah mempelajari implementasi analisis perilaku konsumen dalam strategi pemasaran

Materi ini dibagi dalam 6 modul :

Modul 1

Modul 2

Modul 3

Modul 4

Modul 5

Modul 6

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA Image

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>